Klinik Redaksi PPMI: Membuat Liputan yang Memikat Berbasis Data

0
140

Jurnalis cum media dewasa ini dituntut untuk memiliki keterampilan menyampaikan fakta yang menarik. Fakta di lapangan akan lebih memikat kalau didampingi dengan data-data yang akurat. Karena itu, hasil reportase tidak sekadar diceritakan, tetapi juga ditampilkan. Hal ini selain memudahkan pembaca dalam memahami peristiwa, juga untuk menjangkau skala pembaca yang lebih luas. Tugas jurnalis adalah membuat peristiwa penting menjadi menarik dan relevan.

Data dapat menjadi sumber jurnalisme data, atau dapat menjadi alat yang digunakan untuk menceritakan kisah—atau dapat menjadi keduanya. Seperti narasumber apa pun, itu harus diperlakukan dengan skeptis; dan seperti alat apa pun, kita harus sadar bagaimana itu dapat membentuk dan membatasi cerita yang dibuat dengannya,” kata Paul Bradshaw, Akademisi Birmingham City University.

Selain itu, Simon Rogers, Founder Guradian Data Blog, bilang bahwa menggunakan data untuk menceritakan kisah dengan cara terbaik, menggabungkan teknik jurnalisme terbaik: termasuk visualisasi, penjelasan singkat, dan teknologi terkini. Itu harus terbuka, dapat diakses, dan mencerahkan.

Daftar dan ikuti kegiatan ini yang akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal: Minggu, 26 Maret 2023

Pukul: 16.00 WIB-Selesai

Tempat: Ruang Virtual Zoom

Registrasi: Bit.ly/DaftarKRLiputanDataPPMI

Acara ini terbuka untuk umum, ya!